Wajib Tahu! Panduan Efektif Mencari Pekerjaan untuk Generasi Milenial




“Cari kerja sekarang susah banget, ya!”
Pernah dengar ungkapan seperti itu?

Atau justru Anda sendiri yang pernah mengucapkannya?
Sebenarnya mencari kerja di zaman modern ini bukan hal yang susah lo. Banyak sekali perusahaan korporat dan startup yang membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai jenjang karier. Sehingga generasi milenial memiliki kesempatan mengembangkan karier secara maksimal berdasarkan bidang pekerjaan yang disukai.

Kalau Anda termasuk generasi milenial yang sedang mencari lowongan kerja, simaklah panduan berikut ini agar lekas memperoleh pekerjaan yang Anda butuhkan:

Jangan Mengabaikan Norma Kesopanan

Sehebat apa pun kemampuan kerja Anda, tetap saja Anda harus menjunjung tinggi norma kesopanan saat mencari pekerjaan baru. Perilaku yang sopan sejak mengirim lamaran pekerjaan merupakan awal yang baik untuk menarik perhatian tim Human Resources Development (HRD). Ternyata tak sedikit generasi milenial yang menulis surat pengantar kerja seperti ini:
“Saya melihat lowongan pekerjaan ini dari internet. Jadi, saya berniat melamar pekerjaan karena sedang menganggur. Semoga ada pekerjaan yang cocok untuk saya.”
Guys and girls, it’s seriously bad attitude.
Anda harus benar-benar mengetahui bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar. Bahkan, mencari tahu tentang budaya perusahaan juga harus dilakukan sesaat sebelum melamar kerja. Kalau Anda menggunakan bahasa yang nyeleneh dan gak niat, kemungkinan besar lamaran pekerjaan Anda hanya akan berakhir di tempat sampah email staf HRD.

Mengandalkan Portal Online Khusus untuk Mencari Pekerjaan

Sudah gak zaman deh mendapatkan pekerjaan melalui sistem relasi. Generasi milenial identik dengan pribadi independen dan mandiri. Jadi, tak mengherankan bila generasi milenial memang lebih getol mencari info lowongan kerja (loker) di internet. Jangan lupa mengandalkan JobStreet jika sekarang Anda sedang mencari pekerjaan.
JobStreet adalah portal online yang memfasilitasi hubungan antara para pencari kerja dan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Portal yang didirikan sejak 1997 ini tak hanya beroperasi di tanah air, tetapi juga sudah merambah ke berbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.
Banyak perusahaan berkualitas yang membagikan info lowongan kerja terpercaya melalui JobStreet. Peluang untuk memperoleh pekerjaan pun akan semakin besar kalau Anda mengandalkan Jobstreet. Pilihan lowongan pekerjaan berkualitas di Jobstreet dapat dipilah berdasarkan spesialisasi keahlian tertentu. Sehingga proses pencarian lowongan pekerjaan jadi lebih praktis dan efektif.

Menyertakan Portofolio yang Mudah Diakses

Coba Anda bayangkan seandainya Anda menjadi staf HRD yang bertugas memeriksa lamaran pekerjaan. Apakah Anda mau merelakan waktu untuk mengunduh portofolio yang ukurannya mencapai puluhan MB?
Kalau Anda gak mau, begitu pula halnya dengan orang lain. Staf HRD tak akan repot-repot membuka dokumen portofolio yang ukurannya berlebihan. Daripada lamaran pekerjaan Anda tak dilirik, lebih baik Anda membenahi portofolio mulai sekarang. Siapkan format dokumen portofolio yang ringan dan mudah diakses. Supaya peluang untuk menerima panggilan wawancara kerja semakin besar.

Membangun Personal Branding di Media Sosial

Kini, media sosial bukan sekadar bisa digunakan untuk sarana komunikasi dan hiburan. Karena ternyata akun media sosial Anda juga penting untuk membangun personal branding. Pastikan bahwa Anda selalu membagikan hal-hal positif melalui media sosial. Jangan sampai staf HRD perusahaan tertentu memeriksa rekam jejak akun media sosial Anda dan menemukan banyak hal buruk.
Bila Anda bekerja di bidang kreatif, gunakan media sosial untuk membagikan hasil karya dan foto-foto artistik. Sehingga siapa pun yang melihat feed media sosial Anda pasti merasa terpukau. Hindari unggahan berupa hal buruk seperti gosip, membicarakan kekurangan tempat kerja yang lama, atau kata-kata kasar.

Mulai sekarang, ikuti panduan mencari pekerjaan ala generasi milenial ini agar Anda cepat mendapatkan pekerjaan yang Anda butuhkan. Lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda pasti membuat Anda termotivasi untuk bekerja dengan giat. 




No comments