7 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Teknik Industri

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Teknik Industri 1

Beberapa orang yang mengenal saya sebagai penulis biasanya bertanya tentang latar belakang pendidikan saya. Ya, saya adalah lulusan S1 Teknik Industri (Industrial Engineering). Kedengerannya memang nggak nyambung, ya. Masa lulusan Teknik Industri malah bekerja sebagai penulis lepas. Meskipun kelihatannya nggak nyambung, sebenarnya banyak manfaat yang saya dapat dari jurusan kuliah tersebut. Pada dasarnya kita memang nggak harus berkarier di bidang yang sama dengan latar belakang pendidikan kita, kan?

Nah, kalau kamu sekarang sedang mempertimbangkan Teknik Industri sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah, saya rasa kamu nggak perlu ragu lagi. Tujuh alasan kenapa kamu harus masuk jurusan Teknik Industri ini akan bikin kamu makin yakin menentukan keputusan:

Cakupan Mata Kuliahnya Sangat Luas

Mereka yang kuliah di jurusan Akuntansi pasti selalu berkutat dengan angka. Sedangkan mereka yang kuliah di jurusan Sastra juga selalu berkutat dengan tata bahasa atau budaya. Tapi tidak demikian halnya dengan Teknik Industri. Cakupan ilmu dalam mata kuliah ini sangat luas. Kamu nggak hanya akan belajar tentang hitung-hitungan saja. Ada ilmu lainnya seperti Psikologi Industri, Bahasa Inggris, Deterministic Optimization, Sistem Basis Data, Environmental Science dan masih banyak lagi.

Kamu Bisa Kerja di Mana Aja

Salah satu hal yang paling dibanggain anak Teknik Industri adalah jawaban untuk pertanyaan, “kenapa kalian masuk Teknik Industri”.

Jawabannya, “supaya bisa kerja di mana aja”.

Emang jawabannya kedengeran ngasal banget sih, ya. Tapi memang lulusan Teknik Industri itu bisa kerja di mana aja, kok. Sekarang, temen-temen satu jurusan saya kerja di bidang yang berbeda-beda, ada yang di bank, di perusahaan travel, di pabrik mesin berat, dan lainnya. Nah, saya sendiri memilih bidang pekerjaan yang cukup berbeda yaitu penulis lepas. Saya beneran bisa kerja di mana aja, bahkan di samping kasur karena saya nggak perlu ngantor. Gimana, asik gak tuh?

Belajar untuk Hidup Efisien

Ekonomi Teknik (Ekotek) merupakan salah satu mata kuliah favorit saya di Teknik Industri. Saya berhasil mendapatkan nilai UAS sempurna untuk mata kuliah tersebut (ciyeh jemawa). Saya suka banget sama Ekotek karena ilmunya bisa dipraktikkan langsung di kehidupan nyata. Ilmu yang paling saya inget dari Ekotek adalah menghitung apakah suatu proyek profit harus dijalankan atau tidak ditinjau dari segi keuntungannya. Banyak lho soal-soal yang udah capek dihitung sampai panjang tapi ujung-ujungnya malah harus ngambil keputusan do nothing (gak usah bikin bisnis) karena menunjukkan kerugian di masa mendatang. Ilmu kayak gini kan penting banget buat orang-orang yang mau merintis bisnis, ya. Daripada bisnis sekadar untuk gengsi tapi nggak menghasilkan keuntungan, mendingan do nothing bobok-bobok cantik aja.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Teknik Industri 2

Sumber: Nona Hood News

Latihan Menghadapi Dunia Kerja

Mahasiswa jurusan Teknik Industri biasanya udah latihan menghadapi dunia kerja sejak masih kuliah. Selama kuliah, kita harus melakukan kunjungan industri ke berbagai sektor manufaktur. Gak jarang pula kita begadang untuk menyelesaikan tugas kuliah Gambar Teknik. Walaupun kedengerannya serem, percayalah kalau semua pengorbanan itu worth it jika dibandingkan dengan hasil yang didapatkan. Kamu yang berasal dari jurusan ini akan menjadi pribadi yang profesional dan siap bersaing secara sehat di dunia kerja.

Banyak Praktiknya Jadi Nggak Ngebosenin

Kalau kamu termasuk orang yang gampang ngantuk pas ngedengerin guru ngomong di kelas, jurusan Teknik Industri kayaknya cocok deh buat kamu. Ada banyak praktik yang harus dilakukan setiap minggu untuk menyempurnakan disiplin ilmu yang kamu pelajari di kelas. Tapi kamu harus bener-bener fokus waktu praktik supaya bisa menyajikan laporan yang benar, ya. Banyak lho ilmu-ilmu praktik yang kepake banget waktu kerja, salah satunya adalah praktik mengoperasikan mesin bubut.

Dapet Banyak Temen dari Latar Belakang yang Beragam

Temen-temen yang masuk ke jurusan Teknik Industri itu beragam banget latar belakangnya. Nggak kayak jurusan Sastra yang lebih banyak diminati cewek atau jurusan IT yang justru didominasi cowok. Di Teknik Industri, kamu bisa menemukan temen-temen cewek yang stylish banget, temen cowok yang ternyata jago ngoprek kendaraan dan HP, atau temen lainnya yang jago praktik di bidang industri. Iya, semua orang yang masuk ke Teknik Industri biasanya punya alasan yang beragam. So, kamu bisa dapet banyak temen yang seru dengan latar belakang yang nggak datar.

Lebih Cepet Dapet Kerja

Lulusan Teknik Industri biasanya lebih cepet dapet kerja karena mempelajari banyak disiplin ilmu selama kuliah. Kamu nggak hanya akan paham soal mesin-mesin dan keilmuan teknik, tapi juga bakal nyambung kalau disuruh mengerjakan sesuatu tentang lingkungan hidup, akuntansi, atau bidang-bidang lainnya. Pokoknya kamu akan cepet beradaptasi dengan berbagai bidang pekerjaan karena kamu udah terbiasa belajar macem-macem selama kuliah.

 

Jadi, apakah sekarang kamu makin yakin untuk kuliah di jurusan Teknik Industri? Saat ini sudah banyak universitas swasta yang memiliki jurusan Teknik Industri, tidak hanya universitas negeri saja, contohnya kamu bisa daftar di Universitas Tarumanagara karena di sana juga ada jurusan Teknik Industri.

Daftar kuliah dan cari-cari info lainnya sekarang makin gampang, bahkan sudah bisa dilakukan secara online. Kamu tinggal mengakses website https://gokampus.com. GoKampus juga nggak hanya bisa membantumu untuk daftar kuliah dan meraih peluang beasiswa, tapi juga bisa bantuin kamu dapetin info lowongan magang atau promosiin event kampus. Yuk, klik dulu website-nya sekarang juga supaya kamu bisa segera mengakses info seputar dunia kuliah yang kamu butuhkan.


No comments