Temenan Sama Si Pak Boss

 Temenan Sama Si Pak Boss

Temenan sama anjing itu asik. Serius, asik banget. Kita nggak bakal punya ekspektasi macem-macem sama si anjing. Liat dia nyamperin kita dan deket-deket pun udah seneng banget. Anjing juga nggak nusuk dari belakang kayak manusia. Mereka tulus. Kalau suka ya suka, nggak suka ya nggak suka. Mereka menjilat, iya, suka jilat-jilat. Tapi nggak pernah cari muka dan ngerugiin orang lain.

Salah satu temen imut saya namanya Blacky, anjing hitam gendut yang tinggal di rumah ibadah. Kalau diliat sekilas bentuknya memang mirip anjing labrador warna hitam, tapi sebenarnya dia keturunan campuran. Blacky ini kayaknya udah kenal sama saya. Dia sering nyamperin kalau saya ke tempat tinggalnya, bahkan sering tiduran di kaki saya waktu lagi ibadah. Pandemi bikin saya jadi jarang ketemu dia karena aktivitas di rumah ibadah sangat dibatasi.

Hari itu tanggal 25 November 2021. Sore-sore saya ke tempat ibadah karena ada perlu. Blacky nemenin saya hampir 1 jam sampai urusan selesai. Saya pun jalan kaki pulang sendirian, nggak naik motor bareng Mama seperti biasa. Si Blacky ngikutin saya sampai pintu gerbang, terus ngikutin lagi sampai beberapa puluh meter. Eh, kok malah ngikutin terus sampai kurang lebih 300 meter. Semangat banget jalan di depan saya. Padahal biasanya nggak pernah ngikutin sampai sejauh itu. Tadinya saya seneng ditemenin dia, tapi lama-lama kok malah panik kalau dia ngikutin sampai rumah.

Habis akal, akhirnya saya telepon Mama minta dijemput. Usai menyudahi percakapan, saya jalan kaki balik lagi ke rumah ibadah, Blacky masih ngikutin. Sengaja saya berhenti beberapa puluh meter dari gerbang rumah ibadah, menunggu Mama di situ. Si Blacky juga berhenti jalan waktu ngeliat saya berhenti. Beberapa menit kemudian, Mama datang naik motor lalu saya langsung naik di jok belakangnya. Melihat Mama datang, si Blacky ngeliatin sebentar lalu bergegas balik ke rumah ibadah. Ya ampun, rupanya si Blacky ini baru pertama kali liat saya pulang jalan kaki sendirian, makanya dia mau nemenin saya pulang. Buktinya, waktu ngeliat Mama datang, dia langsung berinisiatif pulang, nggak ngikutin saya lagi.

Temenan Sama Si Pak Boss 2

Pemikiran hewan nyatanya sesimpel itu. Saya sayang Blacky, mungkin Blacky tahu. Dia juga care sama saya sampai mau nemenin jalan kaki sejauh itu hanya karena ngeliat saya nggak dijemput naik motor. Sering kali kita harus banyak belajar sama hewan tentang bagaimana caranya mengasihi bahkan tanpa berkata-kata, tentang bagaimana mengasihi tanpa memandang latar belakang apapun.

Oleh sebab itu, semakin saya mengenal manusia, semakin saya mengasihi hewan-hewan yang saya kenal.

No comments