Terima Kasih Shopee Indonesia!

Terima Kasih Shopee Indonesia!

Hal pertama yang mau saya bahas di artikel ini adalah artikel ini sama sekali bukan sponsored post, blog placement, atau sejenisnya. Jadi saya nulis ini bener-bener karena pengalaman saya sebagai pengguna Shopee selama kurang lebih dua tahun terakhir. Karena rajin belanja (mayoritas kebutuhan sehari-hari sih), saya berhasil menjadi member platinum Shopee sampai artikel ini ditayangkan.

Ok langsung aja deh. Ceritanya bermula dari momen 12.12 Shopee yang dipenuhi diskon besar dari berbagai brand. Saya tentu nggak mau melewatkan kesempatan untuk membeli berbagai produk kebutuhan dengan harga yang lebih miring. Salah satu produk yang saya beli adalah Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum. Saya pribadi nggak pake produk itu, jadi saya beli karena titipan. Salah satu keunggulan Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum adalah serum wajah yang diklaim membantu mencerahkan, mengontrol kadar minyak berlebih, menutrisi, dan melembapkan kulit. Waktu itu saya telanjur kepincut diskon di seller yang namanya ineedindonesia, makanya saya memutuskan nggak beli serum itu di official store. By the way, saya ngetik nama ineedindonesia dengan huruf tebal supaya jelas. Sehingga siapa pun yang baca artikel ini jadi lebih hati-hati dengan si seller sialan itu.

Nah, Masalah Pun Dimulai!

seller Shopee penipu ineedindonesia
seller Shopee penipu

Saya liat-liat tokonya ineedindonesia ini kayaknya aman-aman aja. Testi bintang lima udah lebih dari 330 ribu jadi kemungkinan besar tokonya recommended. Saya ternyata masih lalai karena cuma merhatiin testi bintang lima, tapi nggak merhatiin testi bintang satu yang ternyata udah lebih dari lima ribu.

Awalnya, proses pemesanan saya biasa aja, lancar-lancar. Pengiriman juga terbilang cepet banget karena nyampe dalam waktu dua hari. Sialnya, saya kok bisa-bisanya pencet opsi “Pesanan Diterima” sebelum buka paketnya. Soalnya saya yakin kalau paket itu isinya 2 botol serum, persis seperti pesanan saya.

Masih ada kemujuran di balik kesialan. Nggak biasanya hari itu saya bikin video unboxing paket Scarlett yang siangnya saya terima. Saya rekam sampai terkaget-kaget karena ternyata isinya hanya satu botol, padahal pesennya dua botol.

Penipu Berkedok Seller 

Video unboxing itu langsung saya kirim via chat Shopee ke seller. Saya minta tanggung jawab berupa satu botol serum lagi sesuai pesanan atau pengembalian dana ke Shopee Pay. Seller bilang nggak bisa proses komplain saya karena “di kertas order tidak ada keterangan”. Hei seller ineedindonesia, nggak ada keterangan pala bapak kau. Jelas-jelas quantity order-nya udah saya lingkerin supaya kelihatan jelas. Ditambah lagi ada video unboxing paket, jadi dia nggak bisa mengelak lagi. Chat saya yang selanjutnya hanya dibales dengan template. 

chat toko online Shopee

chat toko online Shopee penipu

Kesimpulannya, ineedindonesia ini nggak mau tanggung jawab terhadap kesalahan yang dia lakukan terkait order pembeli. Setelah saya liat-liat, rupanya banyak pelanggan lain yang ngalamin hal sama. Banyak yang jumlah barangnya kurang dari barang yang diorder dan dibayar, ada juga yang produknya pecah karena pengemasan nggak bener. Pokoknya ineedindonesia ini ngasal dan curang terhadap pembeli.

Minta Pertolongan melalui Chat Prioritas Platinum

Respon ineedindonesia jelas bikin saya nggak puas. Akhirnya, saya memanfaatkan fitur chat prioritas platinum Shopee buat ngajuin komplain. Seperti biasanya, komplain saya langsung ditanggapi dengan baik. Saya diminta memberikan info tentang nomor order yang bermasalah. Mimin Shopee bilang nggak janji bisa memberikan solusi karena saya udah klik “Pesanan Diterima”. Iya, memang ini keteledoran saya klik opsi itu sebelum buka paket. Saya juga sebenernya udah ikhlas dengan duit senilai Rp 51.500 yang melayang gitu aja karena pesanan saya kurang satu. Saya ngelaporin ineedindonesia melalui chat prioritas platinum karena berharap Shopee bisa memeriksa kembali seller yang satu itu bahkan memblokir karena udah ngerugiin banyak orang.

Email Penghilang Emosi dari Shopee untuk Member Platinum

Beberapa hari setelah mengajukan komplain via chat prioritas platinum, saya menerima email dari Shopee. Isi email-nya standar sih. Saya diminta bersabar karena tim Shopee sedang melakukan pengecekan lebih rinci mengenai keluhan saya. Berhubung email-nya bisa dibales, saya pun membalas dengan beberapa kalimat yang menyatakan rasa terima kasih karena keluhan saya ditanggapi. Saya juga mengimbau tim Shopee untuk mengecek si seller sialan dan menindaklanjuti secara serius agar tidak ada lagi pelanggan yang tertipu serta merasa dirugikan.

chat prioritas platinum Shopee 1

Tak disangka-sangka, saya menerima email balasan mengejutkan dari Shopee beberapa hari pasca saya membalasnya. Tim Shopee mengatakan bahwa saya akan menerima voucher belanja senilai Rp 51.500 yang akan masuk ke submenu “Voucher Saya” dan bisa digunakan maksimal 1 bulan pasca voucher tersebut diberikan. Wow, saya sama sekali nggak menyangka kalau pihak Shopee bertanggung jawab langsung dengan memberikan vouhcer tersebut. Kalau dipikir-pikir, saya juga lalai karena keburu klik “Pesanan Diterima” sehingga saya seakan sudah mengklaim bahwa paket yang sampai sesuai dengan pesanan saya. Nyatanya, tindakan pihak Shopee membuat saya puas dan tidak ragu untuk setia berbelanja di marketplace oren tersebut.

chat prioritas platinum Shopee voucher kompensasi

Semoga ke depannya Shopee bisa bertindak tegas kepada para seller yang banyak merugikan pelanggan. Kalaupun ada seller yang diblokir karena terbukti ngerugiin pelanggan, jangan sampe seller itu cuma ganti nama terus beroperasi lagi di Shopee. Hendaknya Shopee nggak mempertaruhkan reputasi karena seller sialan begitu.

Saya seneng banget bisa jadi pelanggan setia Shopee. Makanya saya mau Shopee selalu kreatif dan inovatif supaya jadi yang terdepan.

Terima kasih, Shopee Indonesia.

No comments