7 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba saat Berlibur ke Dieng


Keindahan alam Dieng memang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Namun, Dieng ternyata bukan hanya punya pesona alam yang menakjubkan. Lebih dari itu, Anda juga patut menjajal aneka jenis kuliner khasnya yang menarik saat berlibur.
Dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Timur. Bila Anda ingin mengunjungi Dieng, Anda tentu harus melewati kawasan kabupaten tersebut. Jadi, jangan lupa singgah sejenak untuk menikmati tujuh jenis kuliner khas Wonosobo berikut ini:

Mie Ongklok                            

Berlibur ke Dieng belum lengkap rasanya jika belum menyantap mie ongklok. Makanan yang satu ini terdiri dari campuran mie, kol, daun kucai, dan bawang goreng yang disiram dengan kuah berbumbu kacang. Kuah dengan bumbu kacang tersebut juga diperkaya bahan lainnya seperti ebi yang sudah dihaluskan dan gula merah.

Nama ongklok sendiri berasal dari alat yang digunakan untuk membuat hidangan ini, berupa keranjang bambu yang digunakan untuk merebus mie. Seporsi mie ongklok hangat paling cocok dinikmati bersama tempe kemul dan sate kambing sebagai pelengkap.

Tempe Kemul

Anda yang menyukai makanan berbahan dasar kedelai pasti juga akan menyukai tempe kemul. Sekilas, tempe kemul memang sangat mirip dengan mendoan. Namun, tempe kemul menggunakan bahan pelengkap berupa irisan kucai dalam jumlah banyak. Biasanya tempe kemul tidak dibalut dengan adonan tepung terigu, melainkan menggunakan tepung singkong atau tepung beras. Seporsi tempe kemul yang masih hangat cocok disantap dengan campuran kecap manis dan cabai rawit.

Nasi Megono

Awalnya, nasi megono merupakan menu makanan yang biasa disantap para petani. Bahan dasarnya sangat sederhana, hanya berupa campuran nasi, irisan daun kubis hijau (sering disebut sayur gewos), dan ikan teri. Meskipun tampilannya agak berantakan, nasi megono sangat lezat dan harganya terjangkau. Menu ini juga sering disajikan ketika ada acara gotong royong seperti kerja bakti atau acara keluarga.

Manisan Carica

Carica adalah buah pepaya yang hanya bisa tumbuh di Dieng. Bila dibandingkan dengan pepaya, buah carica berukuran lebih kecil. Teksturnya renyah dan rasanya manis. Persediaan carica yang melimpah di Dieng dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat manisan carica. Selain bisa dicicipi langsung di Dieng, kuliner bercita rasa manis ini juga cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan biasanya dikemas secara menarik.

Geblek

Geblek adalah gorengan yang terbuat dari tepung tapioka dan dibentuk seperti angka delapan. Geblek memiliki cita rasa gurih dan sangat mirip dengan aci goreng. Ada pula yang menambahkan irisan kucai dalam adonan geblek supaya aromanya lebih menarik. Seporsi geblek yang baru matang dan masih hangat cocok untuk menemani secangkir kopi.

Dendeng Gepuk

Bukan hanya Bandung saja yang punya oleh-oleh khas berupa dendeng gepuk. Anda juga bisa menemukan menu tersebut di Wonosobo. Dendeng gepuk Wonosobo terbuat dari daging sapi pilihan yang diberi bumbu rempah-rempah. Menyantap dendeng gepuk paling pas bila ditemani nasi hangat dan sambal bajak. Kuliner berbahan daging ini biasanya mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Wonosobo.

Kacang Dieng

Selain carica, kacang Dieng juga menjadi salah satu komoditas yang hanya terdapat di kawasan tersebut. Kacang Dieng memiliki bentuk besar dan pipih menyerupai kacang mede dengan bagian tengah berwarna hitam. Cita rasanya sangat gurih dan kaya protein. Kacang Dieng yang istimewa tak hanya bisa dinikmati saat liburan tetapi juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Tujuh jenis kuliner khas Wonosobo tersebut pasti membuat Anda tak sabar ingin berlibur ke Dieng. Apalagi saat ini booking hotel di Dieng jadi semakin praktis bila Anda mengandalkan Pegipegi. Bila ingin mencari referensi hotel dan melakukan proses booking, Anda tinggal mengakses website Pegipegi.com. 
Selanjutnya, jangan lupa menentukan tanggal booking dan jumlah orang yang akan menginap. Sistem Pegipegi.com akan segera menampilkan referensi hotel yang Anda butuhkan. Anda juga bisa memanfaatkan filter pencarian untuk memilih hotel berdasarkan reputasinya (bintang), tipe penginapan (vila, bungalow, guest house, hotel, dan lainnya), dan fasilitas yang tersedia.
Mencari penginapan di Dieng jadi makin praktis bersama Pegipegi. Anda berkesempatan mendapatkan penginapan murah di Dieng yang sesuai dengan budget Anda. Liburan dan wisata kuliner ke luar kota jadi makin seru bersama Pegipegi.

No comments