Inilah Beberapa Rumah Sakit Terdekat yang Menjadi Rujukan Penanganan Covid-19 di Kota Solo



Penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan oleh infeksi virus corona hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat dan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Hal ini terjadi lantaran Covid-19 sangat mudah menular dari satu orang ke orang yang lain. Tak hanya itu saja, penanganan penyakit ini pun tidak sama dengan penyakit akibat virus lainnya, seperti SARS dan MERS. Itulah sebabnya pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menentukan rumah sakit terdekat sebagai lokasi rujukan penanganan wabah Covid-19 di berbagai daerah di tanah air.

Virus Covid-19 yang awalnya disebut SARS-CoV-2 ini pertama kali muncul di kota Wuhan, China. Penyebab kemunculan virus tersebut belum diketahui secara pasti, tetapi diduga berasal dari hewan yang kemudian ditularkan kepada manusia. Belakangan, terungkap bahwa Covid-19 dapat menular antar manusia melalui percikan atau tetesan cairan dari tubuh orang yang telah terjangkit. Paparan cairan tubuh tersebut kerap muncul ketika pengidap Covid-19 batuk, bersin, atau berbicara. Cairan itulah yang kemudian dapat terkena individu lain dan mengakibatkan penularan Covid-19 secara masif.

Infeksi virus corona atau Covid-19 bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Pada banyak kasus, infeksi virus tersebut menimbulkan gejala ringan menyerupai penyakit flu. Gangguan kesehatan ringan akibat Covid-19 bisa sembuh dengan sendirinya. Pengidap Covid-19 dengan gejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi dan proses pemulihan mandiri agar tidak memperluas penyebaran virus. Namun pada kondisi yang parah, penderita bisa mengalami gangguan pernapasan yang serius, seperti orang yang mengidap infeksi paru-paru (pneumonia), MERS, maupun SARS. Penanganan kondisi kesehatan yang sudah sangat serius membutuhkan penanganan medis di rumah yang ditunjuk pemerintah daerah setempat.
Sumber: RadarSolo.JawaPos.com

Sekarang, pemerintah sudah menunjuk beberapa rumah sakit di berbagai daerah sebagai tempat perawatan intensif pasien Covid-19. Bagi Anda yang berada di area kota Solo dan sekitarnya, rumah sakit rujukan Covid-19 yang bisa segera diakses adalah:

  1. RSUD Dr Moewardi Solo.
RSUD Dr Moewardi Solo merupakan rumah sakit bertaraf nasional yang berada di Jl. Kolonel Sutarto No.132, jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-634634.

  1. RSUD Kota Surakarta.
Berada di Jl. Lettu Sumarto No.1 Kadipiro, Banjarsari, Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah 57136. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-715300.

  1. RSU PKU Muhammadiyah Surakarta.
Berada di Jl. Ronggowarsito No.130, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-714578.

  1. RS Kasih Ibu Surakarta.
Berada di Jl. Slamet Riyadi No.404, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa tengah, 57142. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-714422.

  1. RS Dr Oen Surakarta.
Berada di Jl. Brigjen Katamso No.55, Tegalharjo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-643139.

  1. RST Slamet Riyadi Surakarta.
Berada di Jl. Slamet Riyadi No.321 Kvi, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148. Informasi lengkap lainnya dapat diperoleh melalui layanan telepon di 0271-741656.

Itulah ulasan tentang beberapa rumah sakit terdekat di area Solo dan sekitarnya yang telah menjadi rujukan bagi pengidap Covid-19. Jika Anda mengalami gejala menyerupai penyakit Covid-19 atau menemukan kerabat terdekat (keluarga, tetangga, sahabat) dengan gejala tersebut, Anda bisa menghubungi nomor telepon salah satu rumah sakit tersebut supaya bisa lekas mendapatkan penanganan medis.

No comments