Yuk, Intip Cara Mudah Mengatasi Jerawat yang Meradang!

Yuk, Intip Cara Mudah Mengatasi Jerawat yang Meradang!

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang kerap menimbulkan rasa risih. Hal tersebut tak mengherankan karena karena kehadiran jerawat berisiko mengganggu penampilan sehingga rasa percaya diri pun menurun. Pada umumnya, masalah jerawat disebabkan penyumbatan pori-pori kulit atau folikel rambut oleh kotoran atau sel kulit mati.

Jika ingin kulit wajah mulus, tentu saja kamu harus mengenali ciri-ciri jerawat meradang serta mengatasinya secara telaten mulai sekarang.

Ciri-Ciri Jerawat Meradang

Masalah jerawat meradang ditandai dengan beberapa ciri-ciri khusus, antara lain:

  • Muncul benjolan merah yang disertai pembengkakan dan rasa perih.
  • Benjolan pada jerawat terkadang mengandung nanah, sel kulit mati, dan minyak berlebih.
  • Tekstur benjolan terasa keras dan agak hangat.
  • Kulit wajah yang berjerawat terasa nyeri saat disentuh.

Sebaiknya kamu tidak sering menyentuh apalagi memencet kulit wajah yang mengalami radang jerawat. Tindakan tersebut Pasalnya, tindakan justru akan menyebabkan timbulnya jaringan parut, kerusakan pori-pori, infeksi, serta kondisi peradangan yang lebih parah.

Tips Mengatasi Jerawat yang Meradang

Cara mengatasi jerawat meradang sebenarnya mudah asalkan kamu melakukannya secara konsisten. Beberapa tips mengatasi radang jerawat yang ampuh adalah sebagai berikut:

1. Terapi Cahaya

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah jerawat meradang, yaitu terapi cahaya. Jenis terapi ini ampuh membasmi bakteri penyebab jerawat. Gelombang cahaya yang dipancarkan dalam terapi ini mempunyai efek antimikroba yang sangat efektif membunuh beragam jenis bakteri pada pori-pori kulit serta kelenjar minyak yang memicu jerawat.  

2. Penggunaan Azelaic Acid Cream

Asam azelaic merupakan jenis asam dikarboksilat yang ramah terhadap kulit sekaligus efektif mengatasi masalah jerawat. Itulah sebabnya krim asam azelaic aman digunakan untuk beragam jenis kulit, bahkan bagi ibu hamil dan menyusui. Pastikan kamu menggunakan krim ini dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Di samping itu, pastikan bahwa kondisi tanganmu sudah bersih sebelum mengoleskan krim asam azelaic di permukaan kulit.

3. Penggunaan Antibiotik Topikal

Selain asam azealic, kamu juga bisa menggunakan antibiotik topikal (salep antibiotik) untuk menghilangkan jerawat yang meradang. Penggunaan produk ini hanya boleh dilakukan berdasarkan anjuran dan resep dokter pasca konsultasi intensif tentang masalah jerawat. Salep antibiotik akan menghambat perkembangan bakteri P.acne sehingga efek peradangan berkurang.

4. Konsumsi Antibiotik Oral

Ada beberapa jenis obat antibiotik jerawat yang konsumsinya direkomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat meradang. Obat antibiotik oral berfungsi mengurangi jumlah bakteri yang bersembunyi di dalam maupun sekitar folikel rambut serta kelenjar sebaceous. Sama seperti antibiotik topikal, konsumsi obat antibiotik oral juga harus dilakukan berdasarkan anjuran dan resep dokter.

5. Terapi Hormonal

Salah satu contoh terapi hormonal adalah konsumsi pil Keluarg Berencana (KB) yang efektif mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti komedo hitam, komedo putih, dan kista jerawat. Tindakan antisipasi radang jerawat ini harus diawali konsultasi dengan ahli dermatologi untuk mengetahui kondisi kulit terlebih dahulu.

6. Proses Membersihkan Wajah Secara Rutin

Penggunaan obat saja tidak akan memberikan hasil maksimal untuk mengatasi jerawat meradang bila tidak disertai proses membersihkan wajah secara rutin. Beberapa langkah membersihkan wajah yang wajib kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat meradang adalah sebagai berikut:

  • Siapkan produk pembersih wajah yang kandungannya aman bagi kulit dan bersifat non comedogenic (tidak memicu komedo).
  • Bersihkan kedua tangan terlebih dahulu lalu basuh seluruh permukaan kulit wajah dengan air.
  • Aplikasikan produk pembersih secara merata pada permukaan kulit wajah lalu pijat kulit perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Lakukan tahap ini secara teliti agar seluruh permukaan kulit benar-benar bersih.
  • Jika seluruh permukaan kulit wajah sudah dibersihkan, bilas wajahmu dengan air bersih beberapa kali sampai tak ada sisa produk pembersih wajah yang tertinggal.

7. Batasi Konsumsi Makanan yang Memperparah Radang Jerawat

Hingga saat ini belum banyak orang yang tahu kalau beberapa jenis makanan berikut ini bisa memperparah kondisi peradangan jerawat:

  • Makanan dengan indeks glikemik tinggi, contohnya karbohidrat olahan (roti, mi, permen), nasi putih, sereal manis, dan makanan ringan dalam kemasan.
  • Makanan tinggi lemak, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan jeroan.
  • Susu dan produk olahannya, yaitu yoghurt, keju, mentega, dan kefir.

8. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Sekarang, banyak sekali produk face wash untuk jerawat meradang yang beredar di pasaran. Kendati demikian, tidak semua produk perawatan kulit wajah tersebut aman digunakan. Oleh karena itu, kamu harus cermat memilih produk perawatan kulit yang tidak mengandung alkohol. Pastikan juga bahwa produk pembersih pilihanmu memiliki kandungan asam salisilat dan benzoyl peroxide yang efektif membantu mengatasi peradangan jerawat.

Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance

Soal urusan memilih face wash berkualitas untuk masalah jerawat meradang, kamu bisa mengandalkan Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance sebagai solusinya. Varian produk Dermies Clear Me yang satu ini diformulasikan khusus untuk mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mengurangi jerawat. Kulit wajahmu tak hanya akan terbebas dari masalah jerawat, tetapi juga jadi bersih, kenyal dan cerah bila kamu menggunakan Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance secara teratur.

Yuk, bersiap mengucapkan selamat tinggal pada radang jerawat yang menjengkelkan jikalau kamu sudah mulai merawat kulit wajah secara telaten mulai hari ini!

 

No comments