Yuk, Hindari Berbagai Kesalahan yang Kerap Dilakukan Blogger Pemula!

biznet gio

Sumber: iStockphoto.com

Dunia blogging memang selalu menarik untuk diselami karena memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang bergabung di dalamnya. Kalau saya sih sudah mulai nge-blog dari tahun 2016 dan memutuskan menggunakan Top Level Domain (TLD) sejak tahun 2017. Jadi blogger pasti ada suka dukanya, meskipun sebenarnya lebih banyak bagian sukanya sih. Saya berkesempatan mendapatkan banyak ilmu baru, teman baru, dan penghasilan tambahan dari aktivitas nge-blog.

Saya merasa beruntung bisa konsisten nge-blog meskipun bukan tergolong blogger terkenal yang berpenghasilan fantastis. Setahu saya, banyak banget blogger yang awalnya semangat tapi malah gagal konsisten nge-blog karena berbagai alasan. Kalau kamu berencana menekuni dunia blogging dalam waktu dekat, sebaiknya kamu menghindari beberapa kesalahan blogger pemula ini agar bisa konsisten nge-blog:

Pola Pikir yang Money Oriented

biznet gio 2

Sumber: pixabay.com

Tujuan utama ngeblog emang penting banget untuk memotivasi kamu selama melakukan aktivitas blogging. Saat ini, memang banyak banget blogger pemula yang pola pikirnya berorientasi pada uang. Pokoknya pengen ngeblog supaya bisa dapet uang banyak dalam waktu singkat. Pola pikir kayak gitu malah rentan bikin kamu kecewa dan malas nge-blog lho. 

Faktanya, menghasilkan uang dari blog itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Para blogger senior yang bisa dibayar jutaan rupiah untuk satu konten bisa mencapai reputasi tersebut karena kerja keras dan konsistensi. Bukan cuma nge-blog hitungan hari, minggu, atau bulan supaya bisa dapet uang banyak. Mereka kerja keras bertahun-tahun untuk membangun konten berkualitas, membuat blog yang user-friendly, bergabung dengan komunitas blogger, dan rajin ikutan lomba.

Jadi, sebaiknya motivasi nge-blog dilakukan untuk hal lain di luar uang, misalnya ingin menuliskan pengalaman pribadi secara rutin, mau meningkatkan kemampuan menulis, atau mau mengunggah karya-karya tulis yang sudah dikumpulkan sejak lama. Niscaya niat baik tersebut bakal bikin kamu konsisten nge-blog dan peluang mendapatkan penghasilan tambahan semakin besar.

Tidak Menggunakan Hosting Berkualitas

Hosting adalah layanan online yang berfungsi mengelola data website atau aplikasi kemudian menampilkannya via internet. Secara sederhana, hosting itu bisa diibaratkan dengan tanah tempat kamu membangun rumah. Semua data berupa teks, gambar, video, dan lainnya yang diibaratkan sebagai perabot rumah tangga harus ditempatkan pada hosting yang berfungsi sebagai tanah bangunan. Sementara itu, IP dan domain berfungsi sebagai alamat rumah. Sayangnya, masih banyak blogger pemula yang melakukan kesalahan karena mengabaikan penggunaan hosting.

Kalau kamu sudah melengkapi blog pribadimu dengan hosting berkualitas, maka kamu berkesempatan mengembangkannya menjadi toko online, menyimpan informasi dalam jumlah banyak, dan membuat email profesional menggunakan domain blog-mu. Nah, makanya kamu nggak boleh sembarangan memilih hosting untuk support blog-mu. Kini, kamu bisa mengandalkan Biznet Gio, website hosting terbaik Indonesia yang menyediakan layanan hosting berkualitas.

Selain itu juga terdapat Dedicated Hosting dengan control panel Plesk, kinerja web hosting akan jauh lebih optimal. Untuk selengkapnya, bisa kalian cek di sini: https://www.biznetgio.com/product/dedicated-hosting

website biznet gio
website biznet gio hosting

Sumber: biznetgio.com

Biznet Gio menyajikan fasilitas multi cloud dan multi data center yang stabil dan aman untuk menyimpan data-datamu. Selain itu, Biznet Gio juga sudah memiliki standar manajemen bersertifikasi PCI-DSS dan ISO 27001 yang terbukti mampu melindungi privasi dan aspek keamanan data para klien. Berlangganan hosting dengan Biznet Gio akan mempermudah kamu dalam mengelola blog sekaligus menjaga keamanan data-data blog pribadimu.

Menggunakan Konten Copy Paste

biznet gio website hosting

Sumber: lightfieldstudios.net

Satu kesalahan lagi yang mesti dihindari blogger pemula adalah penggunaan konten copy paste. Banyak blogger menggunakan konten copy paste supaya bisa mengunggah konten secara teratur di blog pribadi. Padahal, konten hasil copy paste tergolong tidak berkualitas sekaligus merupakan bentuk plagiarisme.

Alangkah lebih baik bila kamu berusaha menyediakan konten orisinal sebagai ciri khas blog-mu. Kamu tak harus mengunggah konten setiap hari bila sedang sibuk. Namun, usahakan untuk mengunggah konten baru secara konsisten, misalnya 3 hari atau 1 minggu sekali agar pengunjung blog-mu selalu penasaran menantikan konten-konten baru. Jangan lupa pula melakukan riset kata kunci secara sederhana menggunakan perangkat yang tersedia di internet, seperti Google Trends dan Ubersuggest. Riset kata kunci akan mempermudah kamu menemukan topik hangat yang sedang banyak dibahas warganet sehingga kamu bisa membuat konten berkaitan dengan topik tersebut.

 

Menjadi blogger memang tidak sulit karena semua orang bisa melakukannya. Namun, kamu harus menghindari berbagai kesalahan blogger pemula agar aktivitas blogging berlangsung secara konsisten dan popularitas blog-mu terus meningkat.

No comments